CEGAH STUNTING BERSAMA RIHON MEULAWING

cegah stunting

stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Stunting mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Anak stunting juga memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya.Penurunan stunting memerlukan intervensi yang terpadu, mencakup intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif. Sejalan dengan inisiatif Percepatan Penurunan Stunting, pemerintah meluncurkan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi (Gernas PPG) yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 42 tahun 2013 tentang Gernas PPG dalam kerangka 1.000 HPK. Penurunan Stunting penting dilakukan dengan pendekatan Multi-sektor melalui sinkronisasi program-program nasional, lokal dan masyarakat ditingkat pusat maupun daerah.

Kembang Tanjong merupakan salah satu kecamatan lokus Stunting yang teradapat di Kabupaten Pidie.Untuk mencegah angka stunting tersebut, Puskesmas Kembang Tanjong melakukan inovasi “Rihon Meulawing” atau Rindu Ibu Hamil Lon Meulawan Stunting, Sabtu (6/8/2022).Kegiatan ini juga dilakukan pemberikan makanan olahan daun kelor dan menu gizi seimbang lainnya untuk ibu hamil.Para ibu hamil ini juga mendapat sejumlah bantuan lainnya.Kepala Dinas Kesehatan Pidie, dr. Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG (K) mengapresiasikan inovasi yang digelar ke tiga kalinya oleh petugas setempat yang telah bahu membahu dan bekerja keras guna terlaksana kegiatan tersebut secara terus menerus guna pencegahan Stunting.

“Mereka tidak ada dana. Tapi mau menggalang dana bersama untuk melakukan kegiatan ini membantu makanan bergizi untuk ibu hamil,” katanya.

 Dalam kesempatan itu, dr Ika memberikan apresiasi kepada petugas Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kembang Tanjong, dimana pada tahun 2018 Gampong (desa) Ara, Kecamatan Kembang Tanjong, menjadi salah satu lokus stunting.Kemudian, petugas Kesehatan di Puskesmas Kembang Tanjong berinovasi, mencari cara mencegah stunting.“Atas kerja kerasnya, Alhamdulillah, sekarang Gampong Ara sudah bebas Stunting.Sekarang, usaha dari pada ibu-ibu di sini untuk melakukan preventif bagaimana tidak terjadi lagi stunting “ kata dr Ika.Selanjutnya, program pencegahan stunting terhambat pada tahun 2019 karna pandemic covid-19, dan sekarang pada tahun 2022 penanganan stunting dikonsentrasikan lagi penanganannya dengan terus melakukan bermacam inovasi untuk mencegah stunting

Teruslah lakukan gerakan pencegahan stunting,jangan berhenti berinovasi untuk pencegahan demi kemaslahatan kita semua, apalagi ibu hamil, kegiatan inovasi Rihon Meulawing yang gelar ketiga kali ini, petugas kesehatan di puskesmas Kecamatan Kembang Tanjong, membuat menu makanan yang diolah dari sayuran-sayuran sekitar kita. Uniknya sayuran yang dipilih yaitu On Murong (daun kelor) dan menu gizi seimbang lainnya yang di bagikan ke Ibu Hamil.

Sayur-sayur tersebut banyak manfaat dan khasiatnya, juga ada teh dari bunga tela yang juga sangat bermanfaat dan berkhasiat,’’ kata Kadinkes Pidie ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini