spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPJS Kesehatan Bersama Dinkes Pidie Sinergi Laksanakan Vaksin Covid-19

Dalam mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19 melalui program vaksinasi, BPJS Kesehatan Kabupaten Pidie bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie untuk kelancaran pelaksanaan vaksin Covid-19 yang akan dilakukan pada waktu dekat ini di wilayah kabupaten tersebut.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, Turno Junaidi mengatakan saat ini pihaknya telah mempersiapkan segala hal serta akan terus melakukan penguatan lintas sektor untuk pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19. Menurutnya, dengan penguatan dan dukungan lintas sektor diharapkan pelaksanaan vaksinasi covid terlaksana dengan baik.

“Untuk Provinsi Aceh ada beberapa kelompok prioritas sasaran pemberian vaksin, salah satunya adalah untuk tenaga medis, khusus di Kabupaten Pidie terdapat 6.463 orang tenaga medis yang akan divaksin, sedangkan untuk total sasaran vaksin di Kabupaten Pidie sementara ini berjumlah 254.016 orang,” kata Turno pada Kamis (14/1) di Pidie.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pidie, Sri Nurmalia menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan telah melakukan sosialisasi kepada Dinas Kesehatan serta fasilitas kesehatan terkait penggunaan Aplikasi P-Care Vaksinasi untuk mendukung pemberian vaksinasi.

BPJS Kesehatan Kabupaten Pidie
(Dok BPJS Pidie)

“Saat ini jumlah fasilitas kesehatan yang ditunjuk dan telah diinput ke dalam Aplikasi P-Care Vaksinasi untuk melaksanakan vaksinasi terdiri dari 26 Puskesmas dan 1 Klinik Polri di Kabupaten Pidie. Kemudian juga 27 fasilitas kesehatan tersebut telah dilakukan pengentrian jadwal pemberian vaksinasi,” ucap Sri.

Lanjut Sri, fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan juga dapat melakukan pemberian vaksinasi dan untuk pembuatan user ID aplikasi P-Care nya akan dibuatkan oleh Dinas Kesehatan setempat. Sri menjelaskan, untuk alur pelayanan vaksinasi Covid-19 akan dibuatkan 4 meja pelayanan.

“Meja pertama untuk pendaftaran, dimana peserta telah mendapatkan sms gateway dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) untuk melakukan vaksinasi. Meja kedua untuk dilakukan skrining oleh petugas dan pemeriksaan fisik yang untuk selanjutnya dilakukan input pada Aplikasi P-Care. Setelah mendapat hasil bahwa peserta tersebut dapat di vaksin, maka langsung menuju ke meja ketiga untuk dilakukan pemberian vaksinasi. Terakhir, yaitu tahap keempat. Petugas mencatat hasil pelayanan vaksin ke dalam aplikasi dan dilakukan observasi selama 30 menit sejak pemberian vaksi tersebut oleh petugas,”  tutup Sri.(rq)

(Berita ini telah tayang di https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/bda/26507/20210115/bpjs-kesehatan-bersama-dinkes-pidie-sinergi-laksanakan-vaksin-covid-19)

Humas Dinkes
Humas Dinkeshttps://dinkes.pidiekab.go.id/
Humas Dinas Kesehatan Kapupaten Pidie. Pancakarsa Husada yang melambangkan tujuan pembangunan kesehatan sesuai dengan Sistem Kesehatan Nasional.

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Berita Terkait

spot_img

Ikuti Sosial Media

999PengikutMengikuti
688PengikutMengikuti
208PelangganBerlangganan

Berita Terbaru